Senin, 15 Mei 2023

10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Referensi UTBK SNBT







Jakarta - SCImago Institutions Rankings (SIR) atau lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia kembali merilis daftar universitas terbaik tahun 2023. Pada tahun ini, terdapat sebanyak 61 institusi di Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan SIR.

Dalam situs SCImago, dijelaskan bahwa hasil pemeringkatan SIR ini didasarkan pada indikator komposit yang menggabungkan tiga rangkaian indikator berbeda yakni Research sebesar 50%, Innovation sebesar 20%, dan Societal sebesar 20%.


Pada Research, penilaian menggunakan beberapa indikator yakni Normalized Impact (NI), Excellence with Leadership (EwL), Output (O), Scientific Leadership (L), Not Own Journals (NotOJ), Own Journals (OJ), Excellence (Exc), High Quality Publications (Q1), International Collaboration (IC),Open Access (OA), dan Scientific Talent Pool (STP).

Untuk Innovation, indikator yang digunakan adalah Innovative Knowledge (IK), Patents (PT), dan Technological Impact (TI). Sedangkan pada Societal, indikator-indikator penilaiannya adalah Altmetrics (AM), Inbound Links (BN), dan Web Size (WS).


Hal baru dalam pemeringkatan SIR tahun ini adalah cara penomoran peringkat institusi yang mengalami perubahan. Sistem penomoran yang baru mempertahankan peringkat (posisi) numerik yang sama ketika institusi dicocokkan dalam nilai indikatornya, dan melompati peringkat sebanyak institusi terikat.


Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023


1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkatdunia: 1531

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 2553

 3. Universitas Syiah Kuala (USK)

Peringkat dunia: 2887

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat dunia: 3012

5. Universitas Sumatera Utara (USU)

Peringkat dunia: 3052

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 3379

7. IPB University

Peringkat dunia: 3382

8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peringkat dunia: 3480

9. Universitas Lampung (Unila)

Peringkat dunia: 3694

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat dunia: 3719

0 komentar:

Posting Komentar